Jumat, 16 Februari 2018

Cara Setting Do Not Track Di Browser Windows


Cara Setting Do Not Track Di Browser Windows - Tutorial ini hanya ditujukan untuk pengguna desktop / laptop yang menjalankan sistem operasi Windows .

Hari-hari ini rasanya ide berselancar di Web dengan tingkat kerahasiaan dengan cepat menjadi sesuatu dari masa lalu, dengan beberapa pengguna melakukan tindakan drastis hanya untuk mendapatkan sedikit privasi. Kebanyakan browser menyediakan fitur seperti mode penjelajahan pribadi dan kemampuan untuk menghapus sisa sesi penjelajahan yang berpotensi sensitif dalam hitungan detik saja. Fungsi ini sebagian besar berfokus pada komponen yang tersimpan pada hard drive perangkat Anda seperti riwayat penjelajahan dan cookies. Data yang tersimpan di server situs web saat Anda meramban adalah cerita yang berbeda sama sekali.

Misalnya, perilaku online Anda pada situs tertentu dapat disimpan di server dan kemudian digunakan untuk tujuan analisis dan pemasaran. Ini mungkin termasuk halaman yang Anda kunjungi serta jumlah waktu yang Anda habiskan untuk masing-masing. Mengambil langkah lebih jauh adalah konsep pelacakan pihak ketiga, yang memungkinkan pemilik situs merekam tindakan Anda meskipun Anda belum pernah mengunjungi domain spesifik mereka . Ini bisa difasilitasi melalui iklan atau konten luar lainnya yang dihosting di situs yang Anda lihat, melalui layanan Web terpadu .

Pelacakan pihak ketiga jenis ini membuat banyak peselancar Web tidak nyaman, oleh karena itu penemuan Jangan Melacak - teknologi yang mengirimkan preferensi pelacakan perilaku online ke server pada pemuatan halaman. Dikirim sebagai bagian dari header HTTP , fitur penyertaan ini menyatakan bahwa Anda tidak ingin klik dan data terkait perilaku Anda dicatat untuk tujuan apa pun.

Peringatan utama di sini adalah bahwa website menghormati Jangan Melacak secara sukarela, yang berarti mereka tidak terikat untuk mengakui bahwa Anda telah memilih oleh peraturan hukum apapun. Dengan mengatakan bahwa, lebih banyak situs memilih untuk menghormati keinginan pengguna di sini seiring berjalannya waktu. Meski tidak mengikat secara hukum, mayoritas browser mengakomodasi fungsionalitas Do Not Track.

Metode untuk mengaktifkan dan mengelola Jangan Melacak bervariasi dari browser ke browser, dan tutorial ini akan memandu Anda melalui proses di beberapa pilihan yang paling populer.

Harap dicatat bahwa semua instruksi Windows 8+ dalam tutorial ini berasumsi bahwa Anda menjalankan Mode Desktop.

1. Google Chrome

Tutorial ini hanya ditujukan untuk pengguna desktop / laptop yang menjalankan sistem operasi Windows.

Untuk mengaktifkan Jangan Melacak di browser Google Chrome, ikuti langkah-langkah berikut.


  1. Buka browser Chrome Anda.
  2. Klik pada tombol menu Chrome, yang ditunjukkan oleh tiga garis horizontal dan terletak di pojok kanan atas jendela browser Anda. Saat menu drop-down muncul, pilih opsi Settings .
  3. Antarmuka Setelan Chrome sekarang harus ditampilkan di tab baru. Gulir ke bagian bawah layar, jika perlu, dan klik pada link Show advanced settings ....
  4. Cari bagian Privacy , yang ditunjukkan pada contoh di atas. Selanjutnya, beri tanda centang di sebelah opsi berlabel Kirim permintaan "Jangan Lacak" dengan lalu lintas penjelajahan Anda dengan mengklik kotak centang yang menyertainya satu kali. Untuk menonaktifkan Jangan Melacak kapan saja, cukup hapus tanda centang ini.
  5. Tutup tab saat ini untuk kembali ke sesi penjelajahan Anda.
2. Mozilla Firefox


Tutorial ini hanya ditujukan untuk pengguna desktop / laptop yang menjalankan sistem operasi Windows.

Untuk mengaktifkan Jangan Melacak di browser Mozilla Firefox, lakukan langkah-langkah berikut.


  1. Buka browser Firefox Anda.
  2. Klik pada tombol menu Firefox, yang ditunjukkan oleh tiga garis horizontal dan terletak di sudut kanan atas jendela browser Anda. Saat menu drop-down muncul, pilih Options .
  3. Dialog Opsi Firefox sekarang harus ditampilkan. Klik pada ikon Privacy .
  4. Opsi Privasi Firefox sekarang harus ditampilkan. Bagian Pelacakan berisi tiga pilihan, masing-masing disertai tombol radio. Untuk mengaktifkan Jangan Melacak, pilih opsi berlabel Beritahu situs yang saya tidak ingin dilacak . Untuk menonaktifkan fitur ini pada satu titik, pilih salah satu dari dua opsi yang tersedia - yang pertama yang secara eksplisit menginformasikan situs yang ingin dilacak oleh pihak ketiga, dan yang kedua tidak mengirimkan preferensi pelacakan apapun ke server.
  5. Klik tombol OK , yang terletak di bagian bawah jendela, untuk menerapkan perubahan ini dan kembali ke sesi penjelajahan Anda.
3. Internet Explorer


Tutorial ini hanya ditujukan untuk pengguna desktop / laptop yang menjalankan sistem operasi Windows.

Untuk mengaktifkan Jangan Melacak di browser Internet Explorer 11, ikuti langkah-langkah berikut.


  1. Buka browser IE11 Anda.
  2. Klik ikon Gear, juga dikenal sebagai menu Action atau Tools, yang terletak di sudut kanan atas jendela browser. Saat menu drop-down muncul, arahkan kursor mouse ke opsi Safety .
  3. Sebuah sub-menu sekarang harus muncul di sebelah kiri, seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas. Tidak seperti kebanyakan browser lainnya, Do Not Track diaktifkan secara default di IE11. Seperti yang bisa Anda lihat di screenshot ini, ada pilihan yang tersedia yang berlabel Turn off Do Not Track requests . Jika Anda memiliki pilihan ini, maka Jangan Melacak sudah diaktifkan. Jika pilihan yang tersedia adalah worded Turn on Do Not Track requests , maka fitur tersebut akan dinonaktifkan dan Anda harus memilihnya untuk aktivasi.


Anda akan melihat opsi terkait berikut ini juga disorot di atas: Aktifkan Perlindungan Pelacakan . Fitur ini memungkinkan Anda untuk memperbaiki Jangan Melacak lebih jauh dengan secara aktif mencegah informasi penjelajahan dikirim ke server pihak ketiga, yang menawarkan kemampuan untuk menetapkan aturan yang berbeda untuk situs web yang berbeda.

4. Opera Browser

Tutorial ini hanya ditujukan untuk pengguna desktop / laptop yang menjalankan sistem operasi Windows.

Untuk mengaktifkan Jangan Melacak di browser Opera, ikuti langkah-langkah berikut.


  1. Buka browser Opera Anda.
  2. Klik pada tombol Opera , yang terletak di sudut kiri atas jendela browser Anda. Saat menu drop-down muncul, pilih opsi berlabel Settings . Anda juga bisa menggunakan cara pintas keyboard berikut menggantikan pilihan item menu ini: ALT + P
  3. Antarmuka Pengaturan Opera sekarang harus ditampilkan di tab baru. Klik pada link Privacy & security , yang terletak di panel menu kiri.
  4. Cari bagian Privacy , diposisikan di bagian atas jendela. Selanjutnya, beri tanda centang di sebelah opsi berlabel Kirim permintaan 'Jangan Melacak' dengan lalu lintas penjelajahan Anda dengan mengklik kotak centang yang menyertainya satu kali. Untuk menonaktifkan Jangan Melacak kapan saja, cukup hapus tanda centang ini.
  5. Tutup tab saat ini untuk kembali ke sesi penjelajahan Anda.
5. Safari


Tutorial ini hanya ditujukan untuk pengguna desktop / laptop yang menjalankan sistem operasi Windows.

Untuk mengaktifkan Jangan Melacak di browser Safari Apple, lakukan langkah-langkah berikut.


  1. Buka browser Safari Anda.
  2. Klik ikon Gear, juga dikenal sebagai menu Action, yang terletak di sudut kanan atas jendela browser Anda. Saat menu drop-down muncul, pilih opsi Preferences . Anda juga dapat menggunakan cara pintas keyboard berikut sebagai pengganti memilih item menu ini: CTRL + COMMA (,)
  3. Dialog Preferensi Safari sekarang harus ditampilkan. Klik pada ikon Advanced .
  4. Di bagian bawah jendela ini, klik pada opsi berlabel menu Show Develop di menu bar . Jika sudah ada tanda centang di sebelah pilihan ini, jangan klik di atasnya.
  5. Klik pada ikon Page, terletak di sebelah ikon Gear dan ditunjukkan pada contoh di atas. Saat menu drop-down muncul, arahkan kursor mouse ke opsi Develop .
  6. Sebuah sub-menu sekarang harus muncul di sebelah kiri. Klik pada pilihan berlabel Send Do Not Track HTTP Header .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar